Jumat, 23 September 2011

Kiwi, Buah Akan Kaya Vitamin

kiwi berawal dari 700 tahun yang lalu di lembah sungai Yang-tse di Cina, di mana buah ini dikenal dengan nama Yangtao. Yangtao dianggap sebagai buah pilihan oleh dewan Khan agung yang sangat menyukai rasanya yang enak dan warnanya yang hijau emerald. Buah Yangtao yang kecil, berwarna kulit coklat dan kulitnya tertutup bulu halus tumbuh liar pada sulur yang melilit pohon1.

Kiwi, Buah Berbulu Kaya Manfaat

Antara tahun 1800-1900, pengetahuan mengenai buah ini menyebar ke negara lain, dan buah ini pun kemudian dikirim ke Inggris. Pada tahun 1904, potongan tanamannya dibawa ke Amerika Serikat. Biji-bijinya dikirimkan ke New Zealand pada tahun 1906, dan buahnya dinamai Chinese Gooseberry. Varietas pertama Chinese Gooseberry ini dikirimkan pertama kali ke Amerika Serikat pada tahun 1962, di mana kemudian dinamai sebagai Kiwi menurut burung nasional New Zealand (Selandia Baru)1. Nama lain kiwi adalah Ichang gooseberry, monkey peach dan sheep peach2. Buah kiwi tersedia sepanjang tahun1.

Buah kiwi dapat berukuran sedang atau kecil. Buah ini berwarna coklat dan berbulu halus di bagian luar dan berwarna hijau di bagian dalam dengan biji kecil berwarna hitam. Bagian kulit buah juga dapat dimakan atau dikupas.

Buah kiwi memiliki antioksidan vitamin C tinggi dan merupakan sumber yang baik akan serat, vitamin E, dan potassium. Selain itu, buah kiwi juga mengandung enzim yang disebut actinidin. Enzim actinidin dapat memecah protein di produk susu sehingga membantu penyerapan protein dalam tubuh. Itulah mengapa buah kiwi yang dikombinasikan dengan es krim rendah lemak, yogurt, atau sour cream, baik untuk disajikan dan dimakan segera1.

NutriSari menghadirkan NutriSari Kiwi yang menggabungkan buah kiwi yang kaya manfaat dengan buah nanas, melon, apel, jeruk, anggur, dan brokoli. Nikmati manfaat buah kiwi dalam kombinasi menyegarkan untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayur Anda.
NutriSari, Sari Alam Bernutrisi.

References:

  • Centers for Disease Control and Prevention. […]. Fruit of the Month: Kiwi. http://www.fruitsandveggiesmatter.gov/month/kiwi.html [15 Maret 2010]
  • Purdue University Center for New Crops and Plants Products. 1999. Kiwifruit. http://www.hort.purdue.edu/newcrop/morton/kiwifruit_ars.html [ 15 Maret 2010 ].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar